1

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH 1
Dosen Kasron Kasron

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH 1

Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigenasi, sirkulasi dan hematologi. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan pernapasan, kardiovaskulerdan hematologi berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan sistem tersebut meliputi  gangguan peradangan, kelainan degenerative, keganasan dan  trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik  lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi. Intervensi keperawatan  meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer.

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH II
Dosen Kasron Kasron

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH II

Fokus mata ajar ini adalah pemenuhan kegutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem imunologi, endokrin, pencernaan dan perkemihan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan sistem imunologi, endokrin, pencernaan dan perkemihan berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia, anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan dari sistem tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degeneratif, keganasan dan trauma yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evauasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi modalitas keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer.

ILMU DASAR KEPERAWATAN II
Dosen Kasron Kasron

ILMU DASAR KEPERAWATAN II

Mata kuliah ini membahas tentang konsep patologi, patofisiologi, mikrobiologi dan parasitologi serta farmakologi pada berbagai kondisi gangguan sebagai landasan dalam mempelajari ilmu-ilmu lanjutan/keahlian.

Sistem Informasi Kesehatan

Sistem Informasi Kesehatan

Mata kuliah ini memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep, prinsip dan teknik pengatahuan mengenai dunia teknologi terutama dalam pengembangan aplikasi kesehatan menggunakan mobile. Metode pembelajaran dikembangkan untuk memberikan pengalaman belajar mahasiswa didalam mengaplikasikan program dengan dipadukan dengna keilmuan kesehatan

Keperawatan Islami
Dosen Suko PranowoDosen Sutarno

Keperawatan Islami

Mata ajaran ini merupakan mata kuliah yang termasuk ke dalam kelompok keilmuan sebagai penciri dalam pengembangan kurikulum Institusional. Mata kuliah ini memberikan gambaran bagaimana kesehatan sejak jaman Rasulullah serta berfokus pada pemahaman kajian Al-Qur’an dan As-Sunnah yang berkaitan dengan masalah kesehatan yang terjad pada saat sekarang, dan diperlukan sebagai dasar dalam pemberian asuhan keperawatan Islami. Sebagai perawat profesional islami dalam pemberian layanan kesehatan khususnya asuhan keperawatan harus dilandasi dengan falsafah, hukum dan etika / adab dalam Islam, baik di tatanan Rumah Sakit, keluarga, kelompok maupun masyarakat. Strategi pembelajaran dilakukan dengan Lecture, Small Group Discussion (SGD), Role Play atau Praktik.

Pendidikan dan Promosi Kesehatan
Dosen Sutarno

Pendidikan dan Promosi Kesehatan

Mata kuliah ini memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep, prinsip dan teknik promosi kesehatan yang meliputi strategi, perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring serta evaluasi. Metode pembelajaran dikembangkan untuk memberikan pengalaman belajar mahasiswa didalam mengaplikasikan program promosi kesehatan dalam asuhan keperawatan pada individu, keluarga dan kelompok.