Profesi NERS

Keperawatan Anak Ners
Dosen Rusana

Keperawatan Anak Ners

Deskripsi Mata Kuliah


Keperawatan Maternitas Ners
Dosen Evy Apriani

Keperawatan Maternitas Ners

Keperawatan maternitas pada program profesi merupakan Mata Kuliah Keahlian (MKK) yang membahas tentang asuhan keperawatan maternitas. Penekanan mata ajar pada konsep-konsep dan teori serta kebijakan yang berhubungan dengan keperawatan maternitas di berbagai tatanan pelayanan kesehatan. Pengalaman belajar yang digunakan adalah praktik klinik dan praktik lapangan.

Proses pembelajaran yang dilakukan melalui sintesa dan analisis tindakan keperawatan dengan kolaborasi tenaga kesehatan lain dalam menyelesaikan permasalahan keperawatan pasien. Fokus mata ajar ini adalah pada penerapan konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang diperlukan untuk memberikan asuhan keperawatan mulai dari melakukan kegiatan pengkajian, merumuskan diagnose keperawatan, merencanakan, melakukan tindakan keperawatan dan mengevaluasi asuhan keperawatan yang diberikan sesuai standard dan etika keperawatan.


Keperawatan Dasar Profesi
Dosen Bejo Danang S

Keperawatan Dasar Profesi

Praktik Keperawatan Dasar Profesi (PKDP) merupakan bagian awal dari rangkaian proses pendidikan Ners tahap profesi yang diikuti oleh seluruh mahasiswa pada tatanan klinik di rumah sakit. Kemampuan yang dicapai selama program ini akan menjadi dasar kemampuan di mata kuliah tahap profesi selanjutnya.

Setelah menjalani PKDP ini, mahasiswa diharapkan mampu menentukan gangguan pemenuhan kebutuhan dasar, dan melaksanakan tindakan keperawatan untuk memenuhi kebutuhan klien dan keluarga dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan.

Keperawatan dasar profesi difokuskan untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar mampu bersikap dan bertindak sebagai perawat profesional. Kemampuan yang dimaksud adalah: kemampuan melakukan analisis gangguan kebutuhan dasar klien dan keluarga, bersikap caring, membina hubungan interpersonal kepada klien dan keluarganya.

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH NERS
Dosen Kasron Kasron

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH NERS

Praktik profesi keperawatan medikal bedah merupakan program yang  menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk dapat  menerima pendelegasian  kewenangan secara bertahap ketika melakukan asuhan keperawatan  profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan  legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini  yang berkaitan  dengan  keperawatan pada orang  dewasa. Praktik Profesi Keperawatan Medikal Bedah mencakup asuhan keperawatan pada klien dewasa dalam konteks keluarga yang mengalami masalah pemenuhan kebutuhan dasarnya akibat gangguan satu sistem (organ) ataupun beberapa sistem (organ) tubuhnya. 

Keperawatan Medikal Bedah difokuskan pada penerapan asuhan keperawatan pada klien dewasa yang mengalami perubahan fisiologis / gangguan struktur akibat trauma atau penyakit yang meliputi sistem respirasi, kardiovaskuler, pencernaan, neurologi, integument, muskuloskeletal, endokrin, immunologi, hematologi, dan perkemihan.


Manajemen Keperawatan
Dosen Bejo Danang S

Manajemen Keperawatan

Praktik kepemimpinan dan manajemen keperawatan di ruang rawat mengacu pada bidang keilmuan manajemen keperawatan. Praktik manajemen keperawatan dalam pelaksanaannya menekankan pada konsep-konsep dan prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen keperawatan dalam tatanan pelayanan kesehatan nyata. Bentuk pengalaman belajar yang akan dilalui mahasiswa adalah praktik klinik, seminar dan presentasi yang terintegrasi dalam praktik profesi.